nusakini.com-Jakarta-Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria membuka Talkshow Studentpreneurship Episode ke-8 yang dilaksanakan oleh Yayasan Badan Kerjasama Pendidikan Bakti Mulya 400 secara daring.

Dikatakan Wagub Ariza, peran generasi muda akan semakin terasa dalam setiap bidang kehidupan, termasuk bisnis dan politik.

"Atas nama Pemprov DKI Jakata, saya sangat mengapresiasi Studentpreneurship Episode ke-8 yang mengangkat tema tentang ‘The Role and Participation Young Generation in Business and Politic’. Segala tema yang mengangkat peran generasi muda sangat menarik untuk di-support sekaligus diikuti," ujarnya saat menyampaikan sambutan dari Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (14/4).

Wagub Ariza mengatakan, mayoritas penduduk Indonesia saat ini berada pada kelompok usia muda. Hasil sensus penduduk tahun 2020 mencatat bahwa mayoritas penduduk Indonesia didominasi Generasi Y atau generasi milenial (lahir tahun 1981-1996, sekarang berusia 26-41 tahun) dan Generasi Z (lahir tahun 1997-2012, sekarang berusia 10-25 tahun). Proporsi Generasi Z sebanyak 27,94 persen dan Generasi Milenial sebanyak 25,87 persen dari total populasi penduduk saat ini.

"Dominasi generasi muda dalam komposisi penduduk di Indonesia membuat peran generasi muda akan semakin terasa dalam setiap bidang kehidupan, termasuk bidang bisnis dan politik. Di mana kedua bidang kehidupan itu memiliki peran strategis, antara lain dalam memajukan pembangunan ekonomi dan kepemimpinan nasional," jelasnya.

Ditambahkan Wagub Ariza, pada era revolusi industri 4.0, peran generasi muda dalam menggerakkan ekonomi digital sangat terlihat di mana Startup kini kian menjamur. Berdasarkan survei Katadata, mayoritas pendiri (founder) perusahaan perintis tersebut adalah anak-anak muda berkisar pada usia 25 hingga 38 tahun.

Dalam dunia ppolitik praktis maupun politik etis, generasi muda, akhir-akhir ini dinilai mulai menunjukkan peran dan kontribusi. Di usia yang terbilang muda, mereka sudah memiliki kepedulian terhadap kehidupan politik dan berani terjun ke dunia politik praktis.

"Sebagai contoh, pada pemilu 2019, kita temukan banyak sekali generasi milenial yang berpartisipasi dalam pemilihan anggota legislatif, dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Komisaris Bosowa Group, Erwin Aksa; Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Purwanto; Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana; serta ketua dan pengurus Yayasan Badan Kerjasama Pendidikan Bakti Mulya 400.(beritajakarta)